Cegah Karhutla, Kapolres Instruksikan Bhabinkamtibmas Turun Beri Himbauan

Senin 14-08-2023,12:03 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Untuk mencegah meluasnya kasus Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla. Kapolres Batanghari Akbp Bambang Purwanto menginstruksikan seluruh bhabinkamtibmas turun ke lapangan. Mereka dikerahkan untuk melakukan patroli dan memberikan himbauan.

Instruksi ini diberikan karena Mulai meningkatnya kasus kebaaran hutan dan lahan atau karhutla. Sehingga membuat pihak kepolisian resor batanghari harus gencar melakukan upaya pencegahan.

Kapolres menegaskan, seluruh personil Bhabinkamtibmas disetiap Sektor Kecamatan, telah dikerahkan untuk terus patroli ke seluruh desa maupun kelurahan. Mereka juga diperintahkan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat. Serta turut membantu melakukan upaya pemadaman jika ditemukan titik api di wilayah kerja masing-masing.

“Untuk bhabin ini sudah kami sampaikan, kita perintahkan setiap hari melakukan himbauan himbauan. Selain himbauan juga pamasangan maklumat kapolda, maupun patroli patroli. Kalau ada api sekecil apapun ya langsung diapadamkan,” Ungkap Akbp. Bambang Purwanto kapolres batanghari.   

Tak hanya itu, Kapolres Batanghari Akbp Bambang Purwanto juga dengan tegas menyatakan untuk melakukan proses hukum. Bagi siapa saja yang terbukti dengan sengaja melakukan pembakaran hutan ataupun lahan. Sebab berdasarkan ketentuan undang-undang yang berlaku, pelaku pembakaran dapat diancam dengan pidana paling lama 15 tahun penjara dan denda maksimal lima miliar rupiah.

Kategori :