Kebakaran Lahan di Taman Rajo Berhasil Dipadamkan Dalam Waktu 11 Jam

Jumat 11-08-2023,08:52 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, MuaroJambi – Kebakaran lahan kosong di Desa Talang Duku, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi berhasil dipadamkan Satgas Karhutla. Kebakaran yang menghebohkan masyarakat Muaro Jambi terbilang ekstrem, karena api dengan cepat membesar dan menghanguskan puluhan hektar lahan. 

 

Semua upaya dikerahkan Sartgas Karhutla, baik upaya pemadaman darat untuk sampai ke titik api, bahkan sampai menerjunkan pasukan udara pemadaman dengan menggunakan 2 helikopter water boombing. dan Alhamdulillah, upaya pemadaman pun berhasil dalam kurun waktu 11 jam. 

 

“Alhamdulillahm berkat informasi yang cepat dari tim Satgas kito api sudah berhasil dipadamkan, dan kita tinggal melakukan pendinginan,” ujar Alias, PLT Kalak BPBD Muaro Jambi.

BACA JUGA:Puluhan Hektar Lahan Terbakar, 2 Helikopter Water Bombing Dikerahkan Padamkan Api

Atas insiden yang terjadi, Kapolsek Maro Sebo bergerak melakukan antisipasi agar kebakaran lahan ini tidak terjadi lagi. Beberapa langkah yang dilakukan dengan mengumpulkan tokoh-tokoh masyarakat, untuk memberikan himbauan tentang kondisi panas saat ini. selain itu, Kapolsek mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan. 

 

“Semua tokoh-tokoh disini saya kumpulkan, saya berikan himbauan terkait situasi saat ini, panas. Kita harus melakukan antisipasi terjadinya kebakaran, jangan sampai terulang lagi. Karena kepedulian masyarakat itu penting, kita berkoordinasi sangat penting. Saya sampaikan juga apabila ada api, segera koordinasi yang cepat untuk kita sama-sama memadamkan, bergotong royong bersama masyarakat. Dan saya juga melakukan pemasangan himbauan seperti ini (spanduk) di seluruh tempat, khususnya yang ada semak belukarnya,” ujar Iptu Wiwik  Utomo, Kapolsek  Maro Sebo. 

 

Dari catatan Jambi TV, sejak awal Agustus sudah terjadi 2 titik lahan mineral yang terbakar di Kabupaten Muaro Jambi. Atas kejadian tersebut, masyarakat dihimbau agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. 

 

Kategori :